Tips Keuangan Keluarga untuk Merencanakan Liburan

Berlibur tidak hanya menyenangkan di hari H-nya saja, tetapi juga membuat kita semakin mood dalam menjalankan aktivitasnya. Berlibur kini menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diminati oleh banyak orang, tidak hanya kalangan muda orang tua pun juga sangat mendambakan aktivitas menyenangkan ini.

Saat musim sekolah selesai, para orang tua pun siap mengambil raport ujian anaknya. Masa inilah waktu yang cocok bagi ayah dan bunda mulai membuat itinerary wisata untuk kebutuhan tamasya bersama buah hatinya. Setelah penat belajar selama 1 (satu) semester atau 6 (enam) bulan lamanya, adalah langkah yang bijak bagi orang tua untuk memberikan hadiah istimewa buat si kecil meskipun hanya sekedar piknik kecil-kecilan.

Akhir tahun 2018 ini, mendekati awal tahun 2019 adalah waktu yang bijak untuk merencanakan untuk tahun depan, kita bisa melihat kalender hari libur 2019 lalu membuat rencana anggaran yang memadai, bisa dengan menabung terlebih dahulu agar tidak gagal total. Menyisihkan uang untuk liburan sedari awal perlu banget, agar tidak bokek disaat waktunya tiba.

Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Liburan

Sedari awal kita harus menyisihkan uang bulanan atau gajian kita untuk kebutuhan ini, pastikan kebutuhan utama kita sudah terpenuhi. Dalam kontek financial planning, ada 2 (dua) hal pokok yang wajib kita sisihkan tentunya, pertama tabungan darurat yang besarnya adalah 3 sd 12 kali penghasilan bulanan, dan yang kedua adalah tabungan rutin bulanan yang besarnya adalah 30 persen dari penghasilan rutin kita.

Sebelum ada tabungan darurat ini, serta sebelum kita terbiasa dengan menyisihkan 30% gaji bulanan kita, kata para ahli lebih baik tunda dulu kebutuhan liburan. Kenapa? Karena liburan adalah kebutuhan tersier, kita tahu dalam ilmu ekonomi ada 3 (tiga) kebutuhan manusia, premier, sekunder dan tersier. Kalau kita sampai menghabiskan penghasilan kita hanya untuk liburan, tapi setelah berlibur kita malah banyak hutang, kan rugi bandar ya? Gak lucu kali.

Perencanaan Aktivitas Liburan Pas hari H (Itinerary)

Setelah merencanakan dengan baik keungan (anggaran rumah tangga), kini baru kita rencanakan liburan yang asyik. Ada beberapa yang perlu kita siapkan tentunya, dari mulai akomodasi seperti membeli tiket, penginapan apa perlu menginap di hotel serta tempat mana aja yang wajib kita kunjungi, termasuk kulinernya juga tentunya. Yummiy…

Mulai survey lokasi mana yang akan dikunjungi, ini adalah langkah pertama, cari lokasi dulu. Sebelum ke tahap selanjutnya seperti destinasi atau tempat makan enak-enaknya. Kita tentu perlu melibatkan keluarga, kita ajak diskusi anak-anak misalnya. Selain ajang seru untuk melatih komunikasi mereka, merencanakan lokasi tujuan ini juga sarana belajar bagi mereka tentang ilmu geografi atau IPS lo. Seru kan?

Setelah diputuskan lokasi liburannya kemana, baru kita tentukan destinasi wisata mana aja yang wajib kita datangi. Sampai tahap ini, jangan dulu ngomongin biaya dulu, biar enak di hati. Hahaha, ngomongin enak-enaknya dulu. Apalagi anak-anak masih kecil banget, belum waktunya mereka tahu uang terlebih dahulu. Kita bisa diskusi di lain waktu cukup dengan suami atau isteri serta anak-anak yang sudah beranjak dewasa, seumuran SMP sudah cukup kita ajak diskusi tentang uang tentunya.

Setelah semua sudah diskusikan, mengenai tiket Anda bisa segera estimasikan. Silahkan bandingkan tiket di situs-situs online tempat membeli tiket. Baik akomodasi maupun penginapan. Hitung lebih rinci diawal tentu akan membuat kita bisa mengalokasikan budget sesuai anggaran, agar tidak kebobolan saat di TKP. Buat pula list yang rinci agar liburan enak, nyaman serta tidak mengganggu financial Anda.

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Sebagai perwujudan syukur kita dalam memiliki rezeqi berupa anak, adalah dengan menjaganya, merawatnya dan mendidiknya sesuai ajaran agama islam. Anugerah titipan Allah Subhanahu wata’ala ini memiliki tanggung jawab yang besar bagi kita kedua orangtuanya untuk membesarkannya sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Hak-hak anak tidak boleh kita sia-siakan, pundak orang tua harus senantiasa ada untuk buah hati tercinta.

Dalam menuntunnya tumbuh besar, menurut islam anak adalah amanah, investasi amal jariah akherat, perhiasan dunia dan ujian hidup/kesabaran bagi orang tuanya. Keempat hal tadi dapat kita dapati di ayat AlQuran, bagaimana menyikapinya tentu perlu ketelatenan dan tantangan sendiri. Mungkin yang paling berat kalau sebagai ujian ya, tapi dari sudut pandang keempatnya, pada dasarnya sama-sama memiliki beban yang berat, jadi ya tergantung pintar-pintarnya kita membesarkan mereka.

Hal Paling Penting dalam Mendidik Anak Menurut Islam

Seorang ulama tabi’in bernama Sa’id bin Al-Musayyib terus memperbanyak shalat Sunnah “Wahai anakku, sungguh aku terus menambah shalatku ini karenamu
(agar kamu menjadi shalih, pen.).” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 1: 467).

Ucapan salaf diatas memberikan hal penting bagi kita sebagai orang tua yaitu: memperbaiki diri adalah hal utama sebagai bekal mendidik anak. Salah satu cara yang beliau lakukan adalah mengerjakan sholat sunnah. Kita pun bisa melakukan berbagai upaya mendekatkan diri dengan Allah dengan sholat, sedekah, puasa, dzikir dan lain-lain sebagai usaha memperbaiki diri agar anak-anak kita juga menjadi lebih baik. Karena berawal dari orang tua yang shalih akan membuat anak menjadi anak yang shalih pula.

cara mendidik anak menurut islam

Tanamkan aqidah sedini mungkin, jangan sampai telat dalam menanamkan nilai-nilai tauhid kepada anak kita. Bagaiman bisa jadi amal jariyah ketika kita meninggal kalo hal ini tidak kita ajarkan kepada buah hati kita. Kita bisa tanamkan hal kecil tentang aqidah ini misalnya saja tentang Allah adalah pencipta kita, sehingga Allah wajib kita sembah dan ditaati perintah-Nya. Ingatkan dia jika berbuat salah, bahwa Allah tahu meskipun tidak ada yang tahu dan nasihati agar taat kepada ajaran agama islam.

Kumpulan Tips Mendidik Anak dalam Ajaran Islam

  • Mengajaknya ikut serta dalam kegiatan ibadah sholat di masjid misalnya, sebaiknya tetap dijaga adab di masjid, umur dibawah 6 tahun butuh perhatian ekstra jika ingin mengajaknya ke masjid
  • Memberikan hadiah, Nabi suka memberi dan bersedekah, mencontoh Nabi dengan memberikan hadiah pada anak dan menyisipkan nilai edukasi agama, di lain waktu ajak anak untuk merencanakan memberi hadiah kepada seseorang dan kemudian suruh anak untuk memberi sendiri
  • Mengajarkan adab makan dengan tangan kanan
  • Mengucapkan terima kasih setelah dibantu atau diberi sesuatu
  • jangan berhenti mengajari membaca iqra’ saja, lengkapi dengan AlQuran, Hadist-hadist shahih dan nasehat dari ulama tabi’in, tabiut tabi’in dan ulama salaf.

Hadist tentang Mendidik Anak Islam Sejak Dini

Perintahkan anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika mereka berumur 7 tahun. Pukul mereka jika tidak mengerjakannya ketika mereka berumur 10 tahun. Pisahkanlah tempat-tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud no. 495. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Wahai anak kecil, sebutlah nama Allah (bacalah bismillah) ketika makan. Makanlah dengan tangan kananmu. Makanlah yang ada di dekatmu.” (HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)
Siapa yang mendidik dua anak perempuan hingga ia dewasa, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia ….” Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendekatkan jari jemarinya. (HR. Muslim no. 2631). Artinya, begitu dekat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

 

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Masa di umur 3 tahun adalah usia paling krusial bagi buah hati Anda. Karena di umurnya yang masih berkembang ini, anak punya keingintahuan yang sangat besar disertai dengan perkembangan fisik dan motoriknya yang masih perlu kita monitor. Si kecil juga masih punya kerentanan akan lingkungannya, sehingga kita mesti waspada sekaligus membekalinya pendidikan sesuai dengan umurnya.

Menanamkan nilai agama sudah waktunya dimulai sejak umur 3 tahun ini. Misal dengan mengajaknya bersama-sama sholat berjamaah, berdoa’a dan membaca Al Qur’an. Selain itu kita juga mesti mewujudkannya dalam aktivitas positif yang applicable buat anak seusianya tentunya. Misalnya dengan berbagi dengan keluarga, adik atau kakak, atau ke ayah dan bunda-nya. Menolong, bersedekah kepada fakir miskin juga perlu kita ikutkan sembari kita jelaskan apa yang kita lakukan.

Berikut ini adalah kumpulan lengkap dalam bentuk list yang bisa langsung Anda praktekkan dalam melatih emosi dan motorik anak umur 3 tahun ini. Simak dan lakukan di rumah ya.

cara mendidik anak usia 3 tahun

Mendidik Anak untuk Mandiri

Mandiri ini tentu tidak sama dengan anak besar yang sudah SMA atau kuliah ya. Kita ajarkan sesuai dengan umurnya. Dengan mandiri, selain bisa meringankan beban kita selaku orang tua, anak juga akan terlatih. Sehingga bisa menjadi bekal untuk lebih mandiri lagi ke depannya. Caranya tentu diawal mesti kita contohkan berbarengan dengan si kecil.

Kemandirian si kecil ini kita bisa lakukan dengan membiasakan secara terus-menerus. Contoh yang bisa kita ajarkan adalah sebagai berikut:

  • Tidur siang setiap jam 1 siang, ajari secara konsisten
  • Membuang sampah sehabis makan snack yang ada bekas/bungkusnya
  • Buang air kecil membuka celana/pakaian sendiri, kita masih mesti memandunya agar tetap bersih
  • Cuci tangan dan pipis sebelum tidur

Diawal-awal melatih anak, kita mesti bersabar dengan kemampuannya menyerap. Dibutuhkan ekstra hati-hati dan rasa kasih sayang, karena pembiasaan ini tidak bisa sekali dua kali, tapi terus menerus kita lakukan setiap hari. Nanti lama kelamaan, anak akan terbiasa dengan sendirinya. Kadang kita pun, lucu dan haru melihat hasilnya ketika buah hati kita sudah bisa melakukannya dengan sendiri.

Mendidik Anak Menjaga Emosi umur 3 Tahun

Sedih yang dihadapi si kecil biasanya dilampiaskan dengan menangis. Ada juga sebagian yang melampiaskan dengan meraung-raung, lebih-lebih jika ada hal yang disukainya ternyata rusak, hilang, kita ambil karena sudah terlalu lama misalnya. Emosi ini mesti kita sikapi dengan ekstra tenang dan penuh cinta kasih dengan si kecil.

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan menghadapi tangisan/emosi si kecil bisa kita lakukan sebagai berikut:

  • Menunjukkan kasih sayang kita, bisa dengan ucapan atau bisa juga kita lengkapi dengan pelukan atau gendongan atau elusan yang lembut.
  • Mulai dengan dengarkan emosi atau tangisannya, sambil melihat muka lucunya, kalau ada air mata, ucap perlahan.
  • Lanjutkan dengan menjelaskan penyebab dia menangis sesuai versi kita tentunya, jelaskan penyebabnya. Sampaikan dengan nada empati
  • Jika anak mengelak atau malah tambah menangis, tidak perlu gusar. Kita hanya perlu menyampaikan penyebab dari dia menangis/emosi disertai penjelasan agar dia memahami akar permasalahannya. Sampai sini, jangan memaksa dengan kekerasan ya
  • Bersyukurlah jika dengan penjelasan Anda, si kecil bisa diam. Jika tidak berhenti juga, Anda mesti memalingkan perhatiannya agar berhenti emosinya, bisa dengan memberi mainan, mengajaknya ke tempat lain, memberikan makanan kesukaannya, dll.

Melatih Anak Usia 3 Tahun dengan Mengajak Bermain

Bermain adalah sarana belajar yang enak bagi anak, bagaimanapun seusianya waktu yang tepat untuk mengajarinya adalah saat bermain. Berbicara dengan anak yang pas diusia ini adalah saat dia bermain, karena dunianya ya main, heee.

Kita bisa ngomong soal edukasi nama-nama binatang misalnya, nilai-nilai kedisiplinan dan sebagainya saat buah hati kita sedang bermain. Jadi mulai sekarang, saatnya main dan belajar bersama anak. Selamat mempraktekkan ya.

Ibu Hamil Minum Yakult

Segar, enak, bikin pencernaan lancar, enak banget ya bun minum Yakult? Eh tapi kan bunda lagi menyusui? Boleh enggak sih ibu hamil dan menyusui meminum Yakult?

Yakult merupakan salah satu jenis minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Casei Shirota dapat ditemui di sistem pencernaan, yakult dirpomosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan, banyak prebiotik baik yang dapat mengurai sumbatan-sumbatan akibat konsumsi bahan makanan yang sulit dicerna seperti makanan yang banyak mengandung lemak.

Minuman yang dibuat dari fermentasi susus ini sering kali digunakan oleh sebagian orang untuk mengatasi sembelit atau buang air besar. Apa sih akibatnya? Bagaimana efeknya? Boleh atau tidak? Simak artikel dibawah ini ya

minum yoghurt untuk ibu menyusui

Saran Ahli tentang Minum Yakult untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sebenarnya Yakult merupakanan minuman yang  cenderung aman bagi ibu menyusui dan tidak mengandng berbahaya seperti yang diceritakan. Ada juga yang mengatakan bahwa Yakult merupakan minuman yang tidak dipasteurisasi sehingga dapat menimbulkan penyakit toksoplasma. Perlu diketahui bahwa produksi Yakult menggunakan teknologi tinggi yang aman.

Proses ilmiah pasteurisasi juga dilakukan dengan baik, sehingga ibu menyusui bisa mengonsumsi Yakult amun dengan syarat bahwa Yakult tidak diminum dengan jumlah yang berlebihan. Anjuran konsumsi Yakult adalah seperti yang sering digembor-gemborkan iklannya, Yaitu dua botol setiap harinya.

Karena yoghurt ini adalah menimun kesehatan, tentu tidak masalah asalkan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Misal satu ember tiap hari, hahaha. Dimana-mana yang namanya berlebihan tentu tidak disarakan ya. 😀

ibu hamil minum yakult

Konsumsi Yakult yang terlalu berlebihan saat menyusui dapat menimbulkan magh terutama saat dikonsumsi pagi hari. Yakult juga mengandung bahan pengawet yang tidak baik untuk janin. Untuk menghindari masalah tersebut ketika mengonsumsi Yakult hendaknya ibu menyusui tetap mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal dua liter perhari, kalau masih ragu terhadap Yakult anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter.

Nah bagaimana bunda? Tidak khawatir lagi kan mengonsumsi Yakult kan? Yakult aman kok untuk ibu menyusui dan jangan lupa konsumsi yakult 2 kali sehari. Cintai ususmu… minum yakult tiap hari.

 

Tahapan Pertumbuhan Anak Balita dari Awal Ciri-ciri & Apa-apa yang Wajib Diperhatikan

Bagimana pertunbuhan balita anda? Apakah sudah baik? Sudah memenuhi kreteria pada usia tertentu?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas mari kita simak artikel ini sampai selesai.Pertumbuhan dan perkembangan pada anak balita dapat dilihat uraiannya di bawah ini:

Bayi berumur 0 sampai tiga bulan, pada usia ini bayi mulai mengangkat kepala setinggi 45 derajat, menggerakkan kepala kekanan, kekiri dank e tengah,Melihat dan menatap wajah orang-orang disekitar, Mengoceh, suka tertawa keras, bereaksi terkejut ketika mendengar suara-suara yang keras, membalas tersenyum ketika lawan bicaranya mengajak tersenyum atau bicara, mulai mengenali ibunya dengan penghlihatan, penciuman, dan kontak.

Umur tiga sampai enam bulan:perkembangan anak balita

Pada usia ini bayi sudah mengalami sebagai berikut:
Berbalik dari telungkup ke terlentang, mulai mengangkat kepala setinggi Sembilan puluh derajat, mempertahankan kepala tetap tegak dan stabil, mulai menggenggam sesuatu, mulai meraih benda yang terdapat dijangkauannya, memegang tanganya sendiri, berusaha memperluas pandangan, mengarahkan matanya pada benda-benda kecil, mengeluarkan suara gembira dengan nada tinggi, tersenyum ketika melihat gambar atau permainan yang menarik saat bermain sendiri.

Umur enam sampai Sembilan bulan:

perkembangan balita 1 tahun

Pada usia ini bayi mulai mengalami pertumbuhan yang semakin melelahkan, di antaranya sebagai berikut:
Mulai berani duduk sendiri, Belajar berdiri, merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang, memindahkan benda dari tangan satu ke tangan satunya, memungut benda, masing –masing tangan memegang dalam waktu yang bersamaan, memungut benda dengan sebesar kacang dengan cara merauk, bersuara tanpa arti, misalnya, tata, baba, papapa, becabeca, mencari benda atau mainan yang dijatuhkan, bermain tepuk tangan, bergembira dengan melempar benda, makan kue sendiri.

Umur Sembilan sampai dua belas bulan:

perkembangan balita 2 tahun

Mengangkat badanya dengan berdiri, belajar berdiri atau pegangan kursi, mulai dapat berjalan dengan dituntun, mengulurkan badan atau lengan untuk mengambil atau meminta benda atau mainan yang diinginkan, menggenggam erat benda-benda yang ditangannya, memasukkan benda ke mulut, mengulang menirukan suara yang didengar, menyebut suku kata yang tanpa arti, mengeksplorasi apa yang ingin diketahui, bereaksi terhadap suara kecil atau bisikkan, senang diajak bermain, mengenal keluarga, mulai takut pada orang yang tidak dikenal.

Umur dua belas bulan sampai dengan delapan belas bulan:

Mulai berdiri sendiri tanpa berpegangan, membungkuk memungut benda kemudian berdiri kembali, berjalan mundur lima langkah, memanggil ayah dengan sebutan papa, memanggil ibu dengan sebutan mama, menumpuk-numpuk mainan, memasukan sesuatu kedalam lubang misalnya toples, menunjuk apa yang diinginkan tanpa merengek atau menangis, atau mengeluarkan suara yang bergembira, memperlihatkan rasa cemburu.

perkembangan balita 9 bulan

Umur delapan belas bulan sampai dua puluh empat bulan:

Berdiri sendiri tanpa berpegangan selama tiga puluh detik, berjalan tanpa terhuyung-huyung, bertepuk tangan atau melambai-lambai, menumpuk empat buah kubus, memungut benda kecil dengan ibu jari atau dengan dua telunjuk, menggelindingkan bola kea rah tepat sasaran, menyebut kata yang memiliki arti, membantu atau menirukan pekerjaan rumah tangga, memegang gelas sendiri, belajar minum atau makan sendiri.

Umur dua tahun sampai tiga tahun:

Mulai jalan naik tangga sendiri, dapat bermain dan menendang bola kecil, mencoret-coret pensil pada kertas, bicara dengan baik, mampu menyebutkan bagian tubuhnya, menyimak gambar dan mampu menyebut dengan tepat, membantu mengangkat mainannya sendiri atau membantu mengangkat sesuatu jika diminta, mulai makan nasi sendiri, melepas pakaiannya sendiri.

perkembangan balita 15 bulan

Umur tiga tahun sampai empat tahun:

Berdiri satu kaki dalam waktu satu detik, melompat dengan dua kaki dengan diangkat, mengayuh sepeda roda tiga, menggambar garis lurus, menumpuk delapan buah kubus, mengenal dua atau lebih warna, menyebut nana, umur, tempat, mengerti arti di atas, di bawah, di depan, di belakang, mendengarkan cerita, mencuci dan mengeringkan tangan sendiri, bermain bersama teman, memakai sendiri, memakai celana panjang, kemeja, dan baju sendiri.

perkembangan balita 19 bulan

Umur empat sampai lima tahun:

Berdiri satu kaki enam detik, melompat-lompat satu kaki, menari, bernyanyi, menggambar tanda silang, menggambar lingkaran, menggambar orang dengan tiga bagian, mencincing baju atau pakaian boneka, menyebut nama lengkap tanpa dibantu, senang menyebut kata-kata baru, senang brtanya tentang sesuatu, menjawab pertanyaan dengan kata-kata yang benar, bicaranya mudah dimengerti, bisa membandingkan membedakan sesuatu dari ukuran dan bentuknya, menyebut angka, menghitung jari, menyebut nama-nama hari, berpakaian sendiri tanpa dibantu, menggosok gigi tangan tanpa dibantu, bereaksi tenang dan tidak rewel ketika ditinggal ibu,
Namun perlu diketahui bagi para ibu karena terkadang pertumbuhan balita mengalami perbedaan antara satu balita dengan yang lain, semisal ada yang berjalan terlebih dahulu, bicara terlebih dahulu, dan sebagainya.

perkembangan balita

Nah demikian ulasan tentang pertumbuhan balita, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu khususnya dalam menambah wawasan terkait pertumbuhan balita.
Sekian dari penulis, jumpa lagi dilain waktu dalam topic yang berbeda.

Pendapat Pakar tentang Apakah Ibu Menyusui Bisa Hamil & Kesehatan Kandungan

Tahukah bunda kenapa menyusui sering disebut sebagai kontrasepsi alami? Hal tersebut karena saat menyusui tidak terjadi proses ovulasi sehingga ibu tidak memiliki masa subur, sampai siklus tersebut kembali.

Semakin sering intensitas ibu dalam menyusui si kecil, semakin besar pula kemungkinan si ibu untuk tidak mengalami haid yang merupakan salah satu tanda kesuburan wanita.

menyusui saat hamil muda

Apakah dengan begitu ibu yang menyusui benar-benar tidak bisa hamil? Memang ada sebagian ibu yang menyusui yang bisa hamil lagi, namun jumlahnya sangat jarang dan bisa jadi terkait dengan abnormalitas struktur rahim.

Dengan sering menyusui bayi, maka otak kecil si ibu mampu memproduksi hormon prolaktin lebih banyak. Semakin banyak hormon prolaktin, maka bisa menekan masa subur (ovulasi) dan membuat ibu menyusui menjadi tidak subur.

Oleh sebab itu juga jarang sekali wanita yang menyusui mengalami menstruasi. Aktif menyusui setidaknya 6 kali sehari, dan saat menyusui minimal 10 menit, memungkinkan ibu berkontrasepsi secara alami.

Tapi jika waktu menyusui kurang dalam sehari kurang dari satu jam, tidak bisa menjamin ibu menyusui tidak hamil.

Meski menyusui bisa membantu mencegah terjadinya kehamilan, tetapi ovulasi tetap bisa saja terjadi. Ovulasi dapat mendahului menstruasi pertama paska melahirkan, sehingga mengakibatkan terjadinya pembuahan. Lalu bagaimana menandai masa subur jika ibu menyusui tidak mengalami menstruasi?

Marquette University menjelaskan beberapa tip untuk menemukan tanda-tanda awal kesuburan, antara lain peningkatan lendir vagina.

menyusui saat hamil

Jika bunda melihat peningkatan atau perubahan cairan vagina, terutama bila keputihan berbentuk menjadi tipis dan elastis, seperti putih telur, dalam kondisi keputihan seperti itu, bunda bisa diindikasi sedang mengalami masa subur.

Begitu ya bunda, kesimpulannya menyusui bisa mencegah kehamilan bila bunda memberikan asi secara ekslusif dnegan intensitas sering. Jika tidak atau bunda khawatir kalau si kecil kesundulan karena hamil lagi, sebaiknya bunda melakukan KB. Kontrasepsi paska persalaninan bisa dilakukan 6 minggu setelah melahirkan.

Pemilihan metode kontrasepsi paska melahirkan sebaiknya dipertimbangkan dengan matang agar tidak menggangu produksi ASI dan tumbuh kembang bayi.

Resiko Makan Mie Instan Indomie untuk Wanita Hamil, Pendapat Ahli Boleh Tidak?

Indomie merupakan salah satu merek mie instan Indonesia yang terkenal bahkan sudah go international. Bumbunya yang pas serta rasanya yang beragam membuat mie instan ini begitu digemari oleh siapapun, baik tua maupun muda.

Mie instan sendiri adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu-bumbu yang sudah ada dalam paketnya.
Bagaimana dampak memakan Indomie bagi ibu hamil? Untuk melihat apakah indomie adalah makanan berbahaya atau tidak yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan cara melihat komposisinya.

Dalam kemasan Indomie dan website resmi Indomie mengatakan bahwa Indomie terbuat dari tepung terigu kualitas terbaik dari Bogasari, rempah dan bumbu yang diolah dengan teknologi serta tambahan fortikasi minimal dan vitamin. Melihat hal tersebut sebenarnya Indomie adalah makanan yang aman untuk dikonsumsi.

apakah ibu hamil boleh makan mie ayam pangsit

Namun walaupun aman untuk ibu hamil kita juga harus memperhatikan dan ingat bahwa Indomie juga merupakan makann instan yang tentunya mengandung zat aditif yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam julam berlebihan.

Apa Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Rebus?

Sebenernya boleh asal tidak keseringan. Oleh karena aitu agar Indomie tetap aman dikonsumsi oleh ibu hamil, harus mempunyai langkah tertentu dalam mengolahnya. Beikut ini adalah langkah yang disarankanuntuk mengolah Indomie agar aman bagi ibu hamil.

1. Mengganti air rebusan.

Air rebusan Indomie ketika dimasak pertama kali sering kita lihat berwarna kuning. Hal ini menandakan bahwa ada lapisan lilin yang berfungsi untuk bahan pengawet makanan. Air rebusan inilah yang harus dibuang dan diganti dengan rebusan baru, karena apabila dikonsumsi apalagi dikonsumsi oleh ibu hamil akan mengakibatkan kesehatan menurun.

bolehkah ibu hamil makan mie instan
2. Menambahkan sayuran hijau

Sayuran sepeti sawi yang dimasak untuk melengkapi Indomie berguna untuk menyeimbangi kandungan karbohirat dan nutrisi fortikasi yang terdapat pada Indomie sehingga kebutuhan gizi terpenuhi.

3. Mengganti bumbu instan dnegan bumbu buatan sendiri.

Kandungan bumbu yang terdapat pada mie instan begitu juga dengan Indomie mengandung MSG dan garam yang apabila dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan berbagai masalah pada kandungan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya ibu hamil mengganti bumbu Indomie denga bumbu dapur olahan sendiri. Hal tersebut dinilai jauh lebih aman.

4. Minimal konsumsi 1 kali makan dalam jangka waktu 3 hari.

makan mie instan saat hamil

Membatasi konsumsi makanan instan tak terkecuali Indomie sangatlah penting, karena apapun bila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan masalah kesehatan.

7 Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan Ibu Hamil & Menyusui yang Wajib Anda Tahu

Manfaat kurma sangatlah banyak tak terkecuali untuk ibu hamil. Kurma merupakan salah satu jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat hamil. Kurma bisa dikonsumi begitu saja, bisa juga diolah untuk diambil sarinya dan diminum seperti sirup.

Kurma dalam bahsa arab disebut Tamr, merupakan tanaman palma dalam genus Phoenix, nama buahnya diambil dari nama pohonnya. Buah kurma yang dapat dimakan telah menjadi makanan pokok timur tengah selama ribuan tahun.

manfaat kurma bagi ibu hamil menurut islam

Ukuran pohon kurma sedang dengan tinggi sekitar 15-25 meter, tumbuh secara tunggal. Daun kurma memiliki panjang 3-5 meter, dengan duri pada tangkai daun. Buah kurma berbentuk lonjong dan silinder dengan panjang 3-7 Cm dengan rasa yang manis apabila sudah matang.

Berikut ini manfaat sari kurma bagi kesehatan ibu hamil

  1. Kurma dapat menambah stamina karena di dalam kurma terdapat glukosa yang sangat banyak dan baik untuk tubuh. Kandungan glukosa inilah yang menyebabkan energi pada tubuh yang sedang beraktivitas.
  2. Kurma juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh terutama untuk ibu hamil yang sering sekali didera kelelahan dan kecapekan. Nutrisi pada kurma dapat memberikan energi yang banya untuk ibu hamil.
  3. Kurma dapat memperkuat tulang pada janin.
  4. Kurma dapat membantu pembentukan gigi, karena kurma mengandung kalsium yang banyak terdapat dalam buah kurma sehingga sangat baik untuk merangsang pertumbuhan gigi pada janin.
  5. Kandungan gula pada kurma tidak hanya dijadikan sebagai penambah energi tapi juga dapat mengatasi anemia. Anemia dapat diatasi dengan menambah asupan gula yang terdapat dalam kurma.
  6. Kurma juga dapat menjaga kesehatan pencernaan, apalagi pada masa kehamilan ibu sering sekali mengalami masalah terganggunya sistem pencernaan.
  7. Zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kurma juga dapat meningkatkan produksi ASI, selain itu kurma juga membantu agar menghasilkan ASI yang berkualitas dengan kaya nutrisi, vitamin dalam jumlah melimpah.

Merek Sari Kurma yang Bagus dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Berikut rekomendasi kami: sari kurma sahara, sari kurma al jazira, sari kurma tamr, sari kurma nahlah

manfaat sari kurma untuk ibu hamil 9 bulan

Itulah beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil. Manfaatnya tidak sedikit sehingga ibu hamil tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi kurma.

Makan Udang untuk Ibu Hamil, Boleh? Dokter Muda ini Menjawab! Seafood Kepiting Bagaimana?

Udang adalah makanan yang enak dan lezat, namun sayangnya banyak yang mengatakan bahwa makanan ini tidak bagus apabila dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengakibatkan janin terserang eksim dan keracunan. Apakah hal tersebut benar?

Udang adalah salah satu hewan yang hidup di perairan khususnya sungai, laut atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua genangan air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, mauapun air asin pada kedalaman bervariasi dari perairan dangkal sampai beberapa ribu meter di bawah permukaan.

udang untuk ibu hamil muda

Menurut Laura Riley MD yang merupakan direktur persalinan di Massachusetts General Hospital penulis buku You and Your Baby: Pregnancy, udang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Udang adalah saltu jenis makanan laut yang rendah merkuri.

Contoh makanan aut yang rendah merkuri lainnya adalah seperti ikan Salmon, Pollack, Sarden dan ikan Lele sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Namun walaupun diperbolehkan sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi jenis-jenis ikan ini agar tidak lebih dari 350 Gram perminggu.

bolehkah ibu hamil makan udang

Ibu Hamil Boleh Makan Udang?

Laura Riley juga menasehati agar para ibu hamil membeli makanan yang memang menyediakan produk-produk yang disiapkan dengan baik, segar dan dalam keadaan benar-benar matang.

Yang seharusnya dihindari oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan adalah ikan laut yang mengandung banyak merkuri seperti ikan Hiu, Dori, Tilefish dan ikan Makarel. Ikan yang tinggi kandungan merkuri dapat memicu sel kanker pada janin.

kandungan udang untuk ibu hamil

Manfaat Udang Bagi Ibu Hamil Usia Kandungan Muda

Udaang yang sudah tidak dalam kondisi segar juga mengandung parasit dan bakteri seprta zat arsenic yang bisa memicu keracunan.

Lalu bagaimana kesimpulannya? Ibu hamil diperbolehkan makan udang dengan syarat bahwa udang yang di konsumsi adalah udang yang segar, bersih dan dimasak sampai matang. Bagaimana? Kabar baik buat anda yang penggemar udang kan?

Dokter SpOG: Inilah Nama Vitamin untuk Ibu Hamil Bagus Merk Terbaru yang Aman

Asupan untuk ibu hamil memang sangat penting untuk menjaga janin yang dikandung tetap dalam keadaan sehat, termasuk juga vitamin. Ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan vitamin, zat besi, b6 dan mineralnya agar kesehatan kehamilan tetap terjaga dan pertumbuhan janinnya bisa optimal.

Apalagi usia kandungan masih berada pada trimester pertama atau hamil muda, mencukupi kebutuhan asam folat, kalsium dan obat jenis tambah darah sangat menenukan perkembangan janin selanjutnya. Lalu apa saja vitamin yang dibutuhkah ibu hamil? Berikut ulasannya

merk vitamin yang bagus untuk ibu hamil trimester pertam

1. Vitamin A
Konsumsi vitamin A sangat penting bagi ibu hamil, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah. Vitamin A bisa didapat dari makanan seperti wortel, sayuran hijau dan kuning, minyak ikan, margarin, minyak goreng, kuning telur dan susu.

2. Vitamin B-1
Vitamin B-1 berguna untuk mengatasi Morning Sickness. Mencukupi kebutuhan vitamin ini dapat melancarkan pencernaan. Vitamin B-1 juga sangat dibutuhkan ibu hamil pada trimester akhir kehamilan untuk menyiapkan produksi ASI ketika masa menyusui setelah melahirkan nanti.

3. Vitamin B-2
Vitamin B-2 berguna untuk membantu perkembangan embrio di minggu pertama kehamilan. Makanan yang mengandung Vitamin B-2 adalah keju, susu, brokoli, jamur, telur dan sayuran hijau.

Baca juga artikel tentang Fakta Tentang Yakult Jika Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

nama vitamin ibu hamil trimester pertama

4. Vitamin B-3
Vitamin B-3 berguna untuk mengurangi rasa mual dan membantu perkembangan otak janin. Vitamin B-3 bisa didapat dari makanan seperti gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, dan susu.

5. Vitamin B-5
Vitamin B-5 berguna untuk menjaga kebutuhan sel darah merah di dalam tubuh. Kebutuhan ibu hamil akan vitamin B-5 adalah sebanyak 5mg per harinya. Vitamin B-5 bisa didapat dari hati, telur, keju, dan kacang tanah

6. Vitamin B-6
Vitamin B-6 yang dikenal juga dengan nama piridoksin membantu ibu hamil dalam mencerna lemak menjadi energi serta meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber Vitamin B-6 antara lain gandum, ikan, susu, dan kacang kedelai.

7. Vitamin B 12
Vitamin B-12 berguna untuk mengoptimalkan perkembangan janin membentuk sel-sel darah merah. Vitamin B-12 bisa didapat dari makanan seperti telur, susu, rumput laut, dan daging sapi.

Simak juga tulisan kami tentang Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun yang benar sesuai dengan usia perkembangannya

8. Vitamin C
Vitamin C sangat diperlukan terutama oleh ibu hamil untuk membantu penyerapan zat besi. Selain itu, vitamin yang larut dalam air ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sebagai antioksidan alami. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, buah kiwi, jambu biji dan pepaya.

nama suplemen penambah darah untuk ibu hamil

9. Vitamin D
Vitamin D sangatlah penting bagi ibu hamil, terutama untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes. Kebutuhan akan vitamin D bisa didapat dengan dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, selain itu bisa juga didapat dari makanan seperti minyak hati ikan cod, jamur, kacang kedelai, tuna alengan dan susu.
10. Vitamin E
Vitamin E bermanfaat untuk kesehatan kulit ibu hamil yang mengalami peregangan saat kehamilan. Selain itu, vitamin E juga berfungsi untuk menjaga asam lemak yang dibutuhkan bayi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E antara lain buah alpukat, bayam, kacang-kacangan dan minyak buah zaitun.
11. Vitamin K
Vitamin K dikenal juga dengan nama Koagulasi. Fungsinya untuk mencegah pendarahan pada bayi dan menjaga kepadatan tulang pada wanita hamil. Sumber vitamin K biasanya berada pada pada sayuran hijau dan buah-buahan

Bisnis Obat Herbal Murah Yang Berkualitas Dan Teruji Aman Konsumsi

Mahalnya biaya pengobatan medis membuat para masyarakat kini beralih ke pengobatan alternative.Di samping itu juga mereka kini mulai sadar untuk menerapkan hidup sehat secara alami yakni dengan obat herbal yang mana tidak kalah unggulnya dengan obat-obatan medis. Obat herbal di ramu dari berbagai bahan alami yang mana memiliki khasiat penting untuk kesehatan tubuh. Namun selain itu juga obat

Www. Bisnis Obat Herbal Terbaik, Terbesar Dan Terlengkap

Www. Bisnis obat herbal merupakan salah satu toko herbal online yang telah lama melakoni bisnis yang menjanjikan ini dan kini obat herbal menjadi suatu usaha yang banyak di lakoni masyarakat karena memang bisnis ini memiliki potensi yang sangat prospektif. Kesehatan memang perlu bagi semua orang agar kesejahteraan dalam hidup akan tercapai. Namun, untuk mendapatkan kesehatan yang optimal maka obat hebal adalah solusi terbaik daripada sintetik yang dapat menimbulkan efek samping dalam jangka waktu yang lama. Nah, oleh sebab itu maka obat herbal kini banyak di minati dan di cari konsumen. Melihat begitu besar minat masyarakat terhadap obat herbal maka hal ini sangat besar untuk di jadikan peluang suatu bisnis obat herbal, dan kami www.bisnis obat herbal membuka kesempatan besar pula kepada anda yang ingin bergabung dalam kemitraan kami, tentu akan mendapatkan berbagai keuntungan serta kemudahan dalam menjalankannya. Jika anda berminat, anda dapat menghubungi kontak layanan cs yang tertera di website kami.Tertartik menjadi mitra usaha sebagai agen kami, memulai jual obat herbal dengan keuntungan yang menjanjikan. Jadilah reseller kami, pusat beli produk herbal harga grosir. Kami adalah distributor resmi yang telah bekerja sama dengan berbagai produsen, supplier dan pabrik herbal. Prosuk seperti air zam zam, xamthone, minyak zaitun, madu, sari kurma, habbatussauda gurah, temulawak dll harga dijamin paling murah. Untuk info lebih lanjut, silahkan buka agen obat herbalMari jualan herbal dengan berbelanja ke supplier herbal terbesar. Pengiriman selalu kami pilihkan yang termurah dengan ekspedisi carga. Anda juga bisa beli langsung ke lokasi tempat alamat kami