Tips Keuangan Keluarga untuk Merencanakan Liburan

Berlibur tidak hanya menyenangkan di hari H-nya saja, tetapi juga membuat kita semakin mood dalam menjalankan aktivitasnya. Berlibur kini menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diminati oleh banyak orang, tidak hanya kalangan muda orang tua pun juga sangat mendambakan aktivitas menyenangkan ini.

Saat musim sekolah selesai, para orang tua pun siap mengambil raport ujian anaknya. Masa inilah waktu yang cocok bagi ayah dan bunda mulai membuat itinerary wisata untuk kebutuhan tamasya bersama buah hatinya. Setelah penat belajar selama 1 (satu) semester atau 6 (enam) bulan lamanya, adalah langkah yang bijak bagi orang tua untuk memberikan hadiah istimewa buat si kecil meskipun hanya sekedar piknik kecil-kecilan.

Akhir tahun 2018 ini, mendekati awal tahun 2019 adalah waktu yang bijak untuk merencanakan untuk tahun depan, kita bisa melihat kalender hari libur 2019 lalu membuat rencana anggaran yang memadai, bisa dengan menabung terlebih dahulu agar tidak gagal total. Menyisihkan uang untuk liburan sedari awal perlu banget, agar tidak bokek disaat waktunya tiba.

Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Liburan

Sedari awal kita harus menyisihkan uang bulanan atau gajian kita untuk kebutuhan ini, pastikan kebutuhan utama kita sudah terpenuhi. Dalam kontek financial planning, ada 2 (dua) hal pokok yang wajib kita sisihkan tentunya, pertama tabungan darurat yang besarnya adalah 3 sd 12 kali penghasilan bulanan, dan yang kedua adalah tabungan rutin bulanan yang besarnya adalah 30 persen dari penghasilan rutin kita.

Sebelum ada tabungan darurat ini, serta sebelum kita terbiasa dengan menyisihkan 30% gaji bulanan kita, kata para ahli lebih baik tunda dulu kebutuhan liburan. Kenapa? Karena liburan adalah kebutuhan tersier, kita tahu dalam ilmu ekonomi ada 3 (tiga) kebutuhan manusia, premier, sekunder dan tersier. Kalau kita sampai menghabiskan penghasilan kita hanya untuk liburan, tapi setelah berlibur kita malah banyak hutang, kan rugi bandar ya? Gak lucu kali.

Perencanaan Aktivitas Liburan Pas hari H (Itinerary)

Setelah merencanakan dengan baik keungan (anggaran rumah tangga), kini baru kita rencanakan liburan yang asyik. Ada beberapa yang perlu kita siapkan tentunya, dari mulai akomodasi seperti membeli tiket, penginapan apa perlu menginap di hotel serta tempat mana aja yang wajib kita kunjungi, termasuk kulinernya juga tentunya. Yummiy…

Mulai survey lokasi mana yang akan dikunjungi, ini adalah langkah pertama, cari lokasi dulu. Sebelum ke tahap selanjutnya seperti destinasi atau tempat makan enak-enaknya. Kita tentu perlu melibatkan keluarga, kita ajak diskusi anak-anak misalnya. Selain ajang seru untuk melatih komunikasi mereka, merencanakan lokasi tujuan ini juga sarana belajar bagi mereka tentang ilmu geografi atau IPS lo. Seru kan?

Setelah diputuskan lokasi liburannya kemana, baru kita tentukan destinasi wisata mana aja yang wajib kita datangi. Sampai tahap ini, jangan dulu ngomongin biaya dulu, biar enak di hati. Hahaha, ngomongin enak-enaknya dulu. Apalagi anak-anak masih kecil banget, belum waktunya mereka tahu uang terlebih dahulu. Kita bisa diskusi di lain waktu cukup dengan suami atau isteri serta anak-anak yang sudah beranjak dewasa, seumuran SMP sudah cukup kita ajak diskusi tentang uang tentunya.

Setelah semua sudah diskusikan, mengenai tiket Anda bisa segera estimasikan. Silahkan bandingkan tiket di situs-situs online tempat membeli tiket. Baik akomodasi maupun penginapan. Hitung lebih rinci diawal tentu akan membuat kita bisa mengalokasikan budget sesuai anggaran, agar tidak kebobolan saat di TKP. Buat pula list yang rinci agar liburan enak, nyaman serta tidak mengganggu financial Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *