Skip to main content

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Sebagai perwujudan syukur kita dalam memiliki rezeqi berupa anak, adalah dengan menjaganya, merawatnya dan mendidiknya sesuai ajaran agama islam. Anugerah titipan Allah Subhanahu wata’ala ini memiliki tanggung jawab yang besar bagi kita kedua orangtuanya untuk membesarkannya sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Hak-hak anak tidak boleh kita sia-siakan, pundak orang tua harus senantiasa ada untuk buah hati tercinta.

Dalam menuntunnya tumbuh besar, menurut islam anak adalah amanah, investasi amal jariah akherat, perhiasan dunia dan ujian hidup/kesabaran bagi orang tuanya. Keempat hal tadi dapat kita dapati di ayat AlQuran, bagaimana menyikapinya tentu perlu ketelatenan dan tantangan sendiri. Mungkin yang paling berat kalau sebagai ujian ya, tapi dari sudut pandang keempatnya, pada dasarnya sama-sama memiliki beban yang berat, jadi ya tergantung pintar-pintarnya kita membesarkan mereka.

Hal Paling Penting dalam Mendidik Anak Menurut Islam

Seorang ulama tabi’in bernama Sa’id bin Al-Musayyib terus memperbanyak shalat Sunnah “Wahai anakku, sungguh aku terus menambah shalatku ini karenamu
(agar kamu menjadi shalih, pen.).” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 1: 467).

Ucapan salaf diatas memberikan hal penting bagi kita sebagai orang tua yaitu: memperbaiki diri adalah hal utama sebagai bekal mendidik anak. Salah satu cara yang beliau lakukan adalah mengerjakan sholat sunnah. Kita pun bisa melakukan berbagai upaya mendekatkan diri dengan Allah dengan sholat, sedekah, puasa, dzikir dan lain-lain sebagai usaha memperbaiki diri agar anak-anak kita juga menjadi lebih baik. Karena berawal dari orang tua yang shalih akan membuat anak menjadi anak yang shalih pula.

cara mendidik anak menurut islam

Tanamkan aqidah sedini mungkin, jangan sampai telat dalam menanamkan nilai-nilai tauhid kepada anak kita. Bagaiman bisa jadi amal jariyah ketika kita meninggal kalo hal ini tidak kita ajarkan kepada buah hati kita. Kita bisa tanamkan hal kecil tentang aqidah ini misalnya saja tentang Allah adalah pencipta kita, sehingga Allah wajib kita sembah dan ditaati perintah-Nya. Ingatkan dia jika berbuat salah, bahwa Allah tahu meskipun tidak ada yang tahu dan nasihati agar taat kepada ajaran agama islam.

Kumpulan Tips Mendidik Anak dalam Ajaran Islam

  • Mengajaknya ikut serta dalam kegiatan ibadah sholat di masjid misalnya, sebaiknya tetap dijaga adab di masjid, umur dibawah 6 tahun butuh perhatian ekstra jika ingin mengajaknya ke masjid
  • Memberikan hadiah, Nabi suka memberi dan bersedekah, mencontoh Nabi dengan memberikan hadiah pada anak dan menyisipkan nilai edukasi agama, di lain waktu ajak anak untuk merencanakan memberi hadiah kepada seseorang dan kemudian suruh anak untuk memberi sendiri
  • Mengajarkan adab makan dengan tangan kanan
  • Mengucapkan terima kasih setelah dibantu atau diberi sesuatu
  • jangan berhenti mengajari membaca iqra’ saja, lengkapi dengan AlQuran, Hadist-hadist shahih dan nasehat dari ulama tabi’in, tabiut tabi’in dan ulama salaf.

Hadist tentang Mendidik Anak Islam Sejak Dini

Perintahkan anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika mereka berumur 7 tahun. Pukul mereka jika tidak mengerjakannya ketika mereka berumur 10 tahun. Pisahkanlah tempat-tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud no. 495. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Wahai anak kecil, sebutlah nama Allah (bacalah bismillah) ketika makan. Makanlah dengan tangan kananmu. Makanlah yang ada di dekatmu.” (HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)
Siapa yang mendidik dua anak perempuan hingga ia dewasa, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia ….” Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendekatkan jari jemarinya. (HR. Muslim no. 2631). Artinya, begitu dekat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *